RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / Satu
Peminatan : M-IPA
Alokasi Waktu : 1 minggu x 3 JP
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami
hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia
dalam kehidupan.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah
dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam
kehidupan.
Indikator
·
Menjelaskan karakteristik ilmu
kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam
·
Menjelaskan hakikat ilmu kimia
·
Menyebutkan prinsip – prinsip
metode ilmiah
·
Menyebutkan peranan ilmu kimia
dalam kehidupan, IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global
Tujuan Pembelajaran
·
Setelah proses mencari
informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan karakteristik ilmu
kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, menjelaskan hakikat ilmu kimia,
menyebutkan prinsip – prinsip metode ilmiah, dan menyebutkan peranan ilmu kimia
dalam kehidupan, IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global
Materi Ajar
·
Karakteristik ilmu kimia
sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam
-
Hakikat ilmu kimia
-
Manfaat ilmu kimia bagi
kehidupan manusia
-
Kaitan ilmu kimia dengan ilmu
– ilmu lain
·
Peranan kimia dalam
perkembangan IPTEK
-
Peran kimia dalam perkembangan
IPTEK
-
Peran ilmu kimia dalam
menyelesaikan masalah global
-
Prinsip – prinsip metode
ilmiah
Metode Pembelajaran
·
Diskusi kelompok
·
Presentasi
·
Penugasan
Alat / Media / Bahan
Alat : Kertas buffalo, spidol
warna
Bahan : Buku pegangan kimia jilid
1, buku kimia penunjang aktifitas siswa, dan internet
Langkah Kegiatan / Skenario Pembelajaran
·
Memberikan apersepsi untuk
mengawali KD 3.1 dan Kd 4.1 dengan mengarahkan siswa untuk mengamati produk –
produk kimia dalam kehidupan sehari – hari. Selanjutnya melalui diskusi
kelompok mengkaji literatur tentang karakteristik ilmu kimia sebagai cabang
dari Ilmu Pengetahuan Alam, hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan menentukan peran
kimia dalam IPTEK,dalam kehidupan dan dalam memyelesaikan masalah global
·
Siswa dari perwakilan dua
kelompok diskusi mempresentasikan hasil diskusinya. Selama pembelajaran
dilakukan penilaian proses pada aktivitas di kelas.
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Mengarahkan siswa untuk
mengamati produk – produk kimia dalam kehidupan sehari – hari
·
Melaksanakan pretes tentang Karakteristik
ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, hakikat ilmu kimia, metode
ilmiah dan menentukan peran kimia dalam IPTEK,dalam kehidupan dan dalam
memyelesaikan masalah global
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
·
Siswa dibagi dalam kelompok
kecil, masing – masing terdiri dari 4 orang
·
Masing – masing kelompok
berdiskusi, mengkaji literatur tentang Karakteristik ilmu kimia sebagai
cabang Ilmu Pengetahuan Alam, hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan
menentukan peran kimia dalam IPTEK,dalam kehidupan dan dalam memyelesaikan
masalah global
·
Perwakilan dari 2 kelompok
menyampaikan hasil diskusinya
·
Masing – masing kelompok
diberikan tugas yang terkait dengan materi diskusi
·
Kelompok mendiskusikan pemecahan
masalah
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpilkan
materi karakteristik ilmu kimia
sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan
menentukan peran kimia dalam IPTEK,dalam kehidupan dan dalam memyelesaikan
masalah global
·
Memberikan tugas baca
tentang perkembangan model atom
·
Melaksanakan pretes
|
15 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan Prosedur
Penilaian dilakukan dari proses sampai hasil. Penilaian proses dilakukan
melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis.
Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis
2. Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama
pada aktivitas dalam kelompok, kedisiplinan, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus
utama pada aktivitas peran serta,kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan praktik
menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes menggunakan tes
tertulis uraian dan atau pilihan ganda
Sumber / Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Kimia Jilid 1
Buku Kimia Penunjang Aktivitas
siswa
Bekasi, Juli 2013
Mengetahui
Kepala SMAN 2 Babelan Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Taufik Hidayat Tri Henisusilowati, ST
NIP.
196012121988031015 NIP.19780222 2009022001