Selasa, 16 Juli 2013

RPP kimia X buatanku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester          : X / Satu
Peminatan                     : M-IPA
Alokasi Waktu : 1 minggu x 3 JP


Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3  :  Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
3.1  Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
4.1    Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan.

Indikator
·        Menjelaskan karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam
·        Menjelaskan hakikat ilmu kimia
·        Menyebutkan prinsip – prinsip metode ilmiah
·        Menyebutkan peranan ilmu kimia dalam kehidupan, IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global

Tujuan Pembelajaran
·        Setelah proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, menjelaskan hakikat ilmu kimia, menyebutkan prinsip – prinsip metode ilmiah, dan menyebutkan peranan ilmu kimia dalam kehidupan, IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global

Materi Ajar
·        Karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam
-         Hakikat ilmu kimia
-         Manfaat ilmu kimia bagi kehidupan manusia
-         Kaitan ilmu kimia dengan ilmu – ilmu lain
·        Peranan kimia dalam perkembangan IPTEK
-         Peran kimia dalam perkembangan IPTEK
-         Peran ilmu kimia dalam menyelesaikan masalah global
-         Prinsip – prinsip metode ilmiah

Metode Pembelajaran
Diskusi kelom

RPP kimia X buatanku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester          : X / Satu
Peminatan                     : M-IPA
Alokasi Waktu : 1 minggu x 3 JP


Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3  :  Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
3.1  Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
4.1    Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan.

Indikator
·        Menjelaskan karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam
·        Menjelaskan hakikat ilmu kimia
·        Menyebutkan prinsip – prinsip metode ilmiah
·        Menyebutkan peranan ilmu kimia dalam kehidupan, IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global

Tujuan Pembelajaran
·        Setelah proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, menjelaskan hakikat ilmu kimia, menyebutkan prinsip – prinsip metode ilmiah, dan menyebutkan peranan ilmu kimia dalam kehidupan, IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global

Materi Ajar
·        Karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam
-         Hakikat ilmu kimia
-         Manfaat ilmu kimia bagi kehidupan manusia
-         Kaitan ilmu kimia dengan ilmu – ilmu lain
·        Peranan kimia dalam perkembangan IPTEK
-         Peran kimia dalam perkembangan IPTEK
-         Peran ilmu kimia dalam menyelesaikan masalah global
-         Prinsip – prinsip metode ilmiah

Metode Pembelajaran
Diskusi kelom

RPP kimia X buatanku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester          : X / Satu
Peminatan                     : M-IPA
Alokasi Waktu : 1 minggu x 3 JP


Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3  :  Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
3.1  Memahami hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
4.1    Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan.

Indikator
·        Menjelaskan karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam
·        Menjelaskan hakikat ilmu kimia
·        Menyebutkan prinsip – prinsip metode ilmiah
·        Menyebutkan peranan ilmu kimia dalam kehidupan, IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global

Tujuan Pembelajaran
·        Setelah proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, menjelaskan hakikat ilmu kimia, menyebutkan prinsip – prinsip metode ilmiah, dan menyebutkan peranan ilmu kimia dalam kehidupan, IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global

Materi Ajar
·        Karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam
-         Hakikat ilmu kimia
-         Manfaat ilmu kimia bagi kehidupan manusia
-         Kaitan ilmu kimia dengan ilmu – ilmu lain
·        Peranan kimia dalam perkembangan IPTEK
-         Peran kimia dalam perkembangan IPTEK
-         Peran ilmu kimia dalam menyelesaikan masalah global
-         Prinsip – prinsip metode ilmiah

Metode Pembelajaran
·        Diskusi kelompok
·        Presentasi
·        Penugasan

Alat / Media / Bahan
Alat      : Kertas buffalo, spidol warna
Bahan   : Buku pegangan kimia jilid 1, buku kimia penunjang aktifitas siswa, dan internet

Langkah Kegiatan / Skenario Pembelajaran
·        Memberikan apersepsi untuk mengawali KD 3.1 dan Kd 4.1 dengan mengarahkan siswa untuk mengamati produk – produk kimia dalam kehidupan sehari – hari. Selanjutnya melalui diskusi kelompok mengkaji literatur tentang karakteristik ilmu kimia sebagai cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam, hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan menentukan peran kimia dalam IPTEK,dalam kehidupan dan dalam memyelesaikan masalah global
·        Siswa dari perwakilan dua kelompok diskusi mempresentasikan hasil diskusinya. Selama pembelajaran dilakukan penilaian proses pada aktivitas di kelas.

Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·        Mengarahkan siswa untuk mengamati produk – produk kimia dalam kehidupan sehari – hari
·        Melaksanakan pretes tentang Karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan menentukan peran kimia dalam IPTEK,dalam kehidupan dan dalam memyelesaikan masalah global
                


20 menit         
Kegiatan Inti
·        Siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing – masing terdiri dari 4 orang
·        Masing – masing kelompok berdiskusi, mengkaji literatur tentang Karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan menentukan peran kimia dalam IPTEK,dalam kehidupan dan dalam memyelesaikan masalah global
·        Perwakilan dari 2 kelompok menyampaikan hasil diskusinya
·        Masing – masing kelompok diberikan tugas yang terkait dengan materi diskusi
·        Kelompok mendiskusikan pemecahan masalah






100 menit
Penutup
·        Bersama siswa menyimpilkan materi karakteristik ilmu kimia sebagai cabang Ilmu Pengetahuan Alam, hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan menentukan peran kimia dalam IPTEK,dalam kehidupan dan dalam memyelesaikan masalah global
·            Memberikan tugas baca tentang perkembangan model atom
·            Melaksanakan pretes



15 menit                  

Penilaian
1.      Mekanisme dan Prosedur
Penilaian dilakukan dari proses sampai hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, kedisiplinan, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta,kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan atau pilihan ganda

Sumber / Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Kimia Jilid 1
Buku Kimia Penunjang Aktivitas siswa


                                                                                    Bekasi,   Juli 2013
Mengetahui
Kepala SMAN 2 Babelan                                                        Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Taufik Hidayat                                                  Tri Henisusilowati, ST
NIP. 196012121988031015                                                        NIP.19780222 2009022001